BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
adalah suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan dari Sekolah yang memandukan
secara sistematik dan sinkon antara program pendidikan di sekolah dan program
pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja
untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional
tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan,
teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dalam kegiatan
di Sekolah, akan tetapi hal itu dapat dikuasasi melalui proses pengerjaan
langsung pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui
Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang
profesional tersebut. Dimana para Siswa yang dapat melaksanakan Pendidikan
tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus
mempelajari pada Dunia Industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda, hal
ini kita tidak akan bisa langsung terjun ke Dunia Industri dikarenakan kita
belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Beberapa peraturan dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) beserta keputusan dari Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tersebut ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :
- Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan
Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.
- Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang
Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik
sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan
peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi
dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
- Peraturan pemernitah No. 39 tahun 1992 tentang peran
serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
- Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kuriulum SMK
yang berisi bahwa "Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui
dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar
Seklolah".
- Didalam lampiran keputusan MENDIKBUD tentang kurikulum
1994 SMKTA yaitu dalam dokumen landasan, program dan pembangunan kurikulum
1994 SMKTA, disebutkan bahwa peningkatan mutu dan relevasi Pendidikan
Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang utuh dan
mantap sehingga terdapat kesinambungan antara dunia Pendidikan dan Dunia
Kerja.
1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
- Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja
yang sesuai dengan tuntunan lapangan pekerjaan.
- Memperkokoh link and macth (kesesuaian dan kesepadanan)
antara SMK dan Dunia Kerja.
- Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
- Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 2 Banjar.
1.2.2 Tujuan Khusus
- Diharapkan dapat menambah wawaasan dan pengetahuan yang
berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan
mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
- Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha
yang profesional dalam lapangan kerja antara lain strukutur organisasi,
jenjang karir dan teknik.
- Mengimplotasikan antara pendidikan di Sekolah dan
diluar Sekolah.
- Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Uji
Kompetensi.
- Mengembangkan pola pikir yang lebih maju.
- Dengan mangacu pada tujuan pendidikan menengah dan
pasal 3 ayat (2) Peraturan Nomor 29 Tahun 1990. pendidikan pada Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan :
1. Menyiapkan
siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan siap profesional.
2. Menyiapkan
siswa agar mampu memilih karir, mampu berkopetensi dan mampu mengembangkan
diri.
3. Menyiapkan
tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebuthan Dunia Usaha dan Dunia
Industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.
4. Menyiapkan
lulusan agar menjadi Warga Negara yang produktif, adaptif, dan kreatif.
5.
Misi pembentukan pembangunan yang
mampu berperan sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak kerja dan
berbagai kemampuan kejuruan, dijabarkan secara sistematis dalam Garis-Garis
Besar Program Pengajaran (GBPP) berbagai program studi dalam kurikulum 1994
SMKTA serangkai mata pelaaran yang mendukung tercapainya tujuan suatu program
studi dialokasikan dalam waktu dan juga kredit yang memmadai, sebagaimana
tertera dalam strukutur program studi yang
bersangkutan. Dalam setiap program studi, sementara teralokasikan sejumlah
kredit untuk Pengalaman Kerja Lapangan.
1.3
Saran
Saran
untuk semua siswa/I smk raudlotul ihsan yang ikut prakerin agar membawa yang
baik dalam pelaksanaan perakerin dan yang tidak baik tolong di tinggal saja!
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Profil Kecamatan Sobang
Kecamatan sobang merupakan salah satu
Kecamatan yang berada dalam wilayah Kabupaten Pandeglang Profinsi Banten. Luas
Kecamatan Sobang kurang lebih tanah darat 6.692,8 Ha dan tanah pesawahan
4.274,7 Ha jarak tempuh dari kantor Kecamatan Sobang ke Ibukota Kabupaten
Pandeglang kurang lebih 60 Km.
Sebelah Utara
|
:
|
Kecamatan Panimbang
|
Sebelah Timur
|
:
|
Kecamatan Angsana
|
Sebelah Selatan
|
:
|
Kecamatan Cigeulis
|
Sebelah Barat
|
:
|
Kecamatan Cigeulis
|
Secara
administrative desa-desa yang masuk kedalam wilayah administrative kecamatan
Sobang adalah:
1.
Desa
Sobang
2.
Desa
Kutamekar
3.
Desa
Kertaraharja
4.
Desa
Bojen
5.
Desa
Bojen wetan
6.
Desa
Pangkalan
7.
Desan
Telukelada
8.
Desa
Cimanis
2.2.
Data Jumlah Karyawan/ Pegawai
Jumlah pegawai/ karyawan di Kantor Kecamatan
Sobang ada 26:
1. Ace wawan,S.Pd.MM (Camat Sobang)
2. Cargan,S.Pd (Sekertariscamat)
3. Yuliawati,S. Sos
4. Bambang
5. Samsul bahri
6. Roni tonius
7. Suherman
8. Eneng srimulyati
9. Shintya
10. H. Hermanto
11. Edi mulyadi, S.Sos
12. Sukarya
13. Jumari fauzi, S.Sos
14. Ahmad h.r
15. Munawir sajali
16. Devi via mustika
17. Jenal abidin, S.Pd
18. Neneg sumyati
19. Leni srimulyani
20. Alit rukmana,S.Pd
21. Yayat sudrajat
22. Mulyana
23. Johar,sh
24. Ardali
25. Adun
26. Sukarya
2.3.
Sasaran/Target Usaha
Sasaran/target usaha di Kecamatan Sobang
adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di kecamatan sobang dan
melayani masyarakat dengan sepenuh hati tanpa pamrih.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Jadi,
peraktek kerja lapangan (PKL) yang telah saya jalani selam kurang lebih satu
bulan tepatnya di kantor Kecamatan Sobang membuat saya yang tadinya tidak tahu
menjadi tahu bagaimana rasanya bekerja langsung di lapangan atau di DU/DI itu
sendiri. Saya menjadi mempunyai banyak pengalaman dan wawasan saya menjadi luas
khususnya dibidang pelayanan masyarakat yang telah saya peraktekan di lapangan
. dan saya menjadi siap untuk terjun langsung di dunia pekerjaan disuatu saat
nanti.
3.2. Saran
Laporan
praktek kerja lapangan (PKL) yang saya buat ini memang masih perlu bnyak
perbaikan dan perubahan agar menjadi lebih baik lagi dihari esok. Oleh karena
itu, mohon kritikan dan sarannya agar saya dapat membuat laporan yang lainnya
dengan lebih baik lagi.
Kritik dan Sarannya di:
Ibrochim Vedrijks
@IbrochimVedrijk
DAFTAR
PUSTAKA
DENAH LOKASI KANTOR
KECAMATAN SOBANG
Jalan raya Pesanggrahan Desa. Sobang
Kecamatan Sobang
JURNAL KEGIATAN
SELAMA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
NO
|
HARI DAN TANGGAL
|
JENIS KEGIATAN
|
1.
|
Senin 27
oktober 2014
|
ü Apel
pagi
ü Perkenlan
ü Ngedit
foto dokumentasi pembangunan
ü Ngeprin
|
2.
|
Selasa 28
oktober 2014
|
ü Upacara
sumpah pemuda
ü Memasang
struktur organisasi di dinding
ü Mengetik
ü Membetulkan
printer
ü Membuat
daftar hadir
|
3.
|
Rabu 29
oktober 2014
|
ü
Mengisi Register surat masuk
|
4.
|
Kamis 30
Oktober 2014
|
ü
Mengetik data nominalip kecanatan dengan
mengoperasikan Ms. exel
|
5.
|
Jum’at 31
Oktober 2014
|
ü
Membantu mempersiakan bahan dan peralatan
untuk acara pameran di pandeglang
|
6.
|
Sabtu 1
November 2014
|
ü
LIBUR
|
7.
|
Minggu 2
November 2014
|
ü
LIBUR
|
8
|
Senin 3
November 2014
|
ü Apel
pagi
ü Mengetik
daftar penerimaanalat-alat solat bagi guru ngaji dan tokoh masyarakat tahun
2012 dengan mengoperasikan Ms. exel
ü Membetulkan
computer yang ngebleng
|
9.
|
Selasa 4
November 2014
|
ü Mengetik
daftar penerimaanalat-alat solat bagi guru ngaji dan tokoh masyarakat tahun
2012 dengan mengoperasikan Ms. exel
ü Mengisi
daftar surat
ü Membuat
surat
|
10.
|
Rabu 5
November 2014
|
ü
Mengisi register surat keluar
|
11.
|
Kamis 6
November 2014
|
ü
Membantu dalam pelaksanaan hari raya tahun
baru islam se kecamatan sobang di PAUD
|
12.
|
Jum’at 7
November 2014
|
ü Merapihkan
surat dinas
ü Membantu
mengejakan pekerjaan social
|
13.
|
Sabtu 8
November 2014
|
ü
LIBUR
|
14.
|
Minggu 9 November
2014
|
ü
LIBUR
|
15.
|
Senin 10
November 2014
|
ü Apel
pagi
ü Upacara
memperingati hari pahlawan
ü Menyalin
dan mengubah tulisan ayat Al-Qur’an kedalamtulisan latin
|
16.
|
Selasa 11
November 20014
|
ü
Mengisi register surat masuk
|
17.
|
Rabu 12
November 2014
|
ü
Mengisi register surat masuk
|
18.
|
Kamis 13
November 2014
|
ü
Mengisi register surat masuk
|
19.
|
Jum’at 14
November 2014
|
ü
Mengisi register surat masuk
|
20.
|
Sabtu 15
November 2014
|
ü
LIBUR
|
21.
|
Minggu 16
November 2014
|
ü
LIBUR
|
22.
|
Senis 17
November 2014
|
ü Apel
pagi
ü Mengisi
register surat masuk
ü Membantu
mengerjakan/ membereskan bekas acara pameran
|
23.
|
Selasa 18
November 2014
|
ü Memberikan
surat undangan rapat kekantor Desa Bojen
ü Mengetik
dengan mengoperasikan Ms. Word
ü Membantu
mempersiapkan tempat dan perlengkapan rapat
|
24.
|
Rabu 19
November 2014
|
ü Membantu
mempersiapkan tempat dan perlengkapan rapat desa, kecamatan sekabupaten
Pandeglang
ü Membantu
mengkoordinasikan jalannya rapat
ü Membereskan
tempat rapat
|
25.
|
Kamis 20
November 2014
|
ü Mengis
Register surat keluar
ü Mengetik
dengan mengoperasikan Ms. Word
|
26.
|
Jum’at 21
November 2014
|
ü
Tidak Hadir karena BANJIR
|
27.
|
Sabtu 22
November 2014
|
ü
LIBUR
|
28.
|
Minggu 23
November 2014
|
ü
LIBUR
|
29.
|
Senin 24
November 2014
|
ü Melaksanakan
apel pagi
ü Mengisi
register surat masuk
ü Menuli9s
agenda surat keterangan dan legalisir
|
30.
|
Selasa 25
November 2014
|
ü
Mengetik dokumen PATEN dengan mengoperasikan
M. Word
|
31.
|
Rabu 26
November 2014
|
ü
Mengetik Dokumen Uaha Kesehatan Sekolah (UKS)
dengan mengoperasikan Ms. Word
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar